Minggu, 27 Desember 2009

Penjelasan tentang beberapa Pasar dalam Ekonomi

mungkin semua bertanya-tanya.. apa si pasar persaingan sempurna ? ? ? apa si kelebihan pasar Oligopoli ? ? ? kekurangan pasar Monopoli ? ? ? trus apa c karakteristik dari pasar persaingan monopolistik ? ?

nah, semua ini akan dibahas secar tuntas pada blog ini..
enjoy .. ^^

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA,
… pasar ini memiliki 5 karakteristik yaitu :
• Semua perusahaan memproduksi barang yang homogeny (homogenous product)
• Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan atau informasi sempurna (perfect knowledge)
• Output sebuah perusahaan relative kecil dibandingkan output pasar (small relatively output)
• Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker)
• Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit)
Kelebihan dari pasar ini, yaitu :
• Harga jual barang dan jasa adalah yang termurah
• Jumlah output paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal (kemakmuran maksimal)
• Masyarakat merasa nyaman dalam mengonsumsi karena tidak perlu membuang waktu untuk memilih barang da jasa (produk yang homogeny) dan tidak takut ditipu dalam kualitas dan harga (informasi sempura)
Kekurangan dari pasar ini, yaitu :
• Asumsi-asumsi yang dipakai mustahil untuk terwujud, karena dibatasi oleh dimensi waktu dan tempat
• Lemah dalam pengembangan teknologi
• Adanya konflik efisiensi-keadilan
Contoh perusahaan yang termasuk pasar persaingan sempurna adalah perusahaan yang menghasilkan atau mengolah tambang yaitu PT. Aneka Tambang dan PT. Muara Enim

PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK,
… pasar ini memiliki 3 karakteristik, yaitu :
• Produk yang terdiferensiasi (differentiated product)
• Jumlah perusahaan banyak dalam industry (large number of firms)
• Bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit)
Kelebihan dari pasar ini, yaitu :
• Laba super normal yang dapat dinikmati perusahaan
• Harga jual masih lebih besar dari biaya margina (P>AC)
• Daya monopoli yang relati kecil menyebabkan kelebihan kesejahteraan yang hilang relative kecil
Kekurangan dari pasar ini, yaitu :
• Permintaan yang sangat elastic menyebabkan kelebihan kapasitas produksi relative kecil
• Ketidakefisienan yang dihasilkan perusahaan yang beroperasi dalam pasar persaingan monopolistic
Contoh perusahaan yang termasuk dalam pasar ini adalah perusahaan yang memproduksi makanan ringan, dan alat tulis yaitu PT. Garuda Food, PT. Unilever, PT. Pilot, dan PT. Sinar Dunia

PASAR OLIGOPOLI,
… pasar ini memiliki 4 karakteristik, yaitu :
• Hanya sedikit perusahaan dalam industry (few number of firms)
• Produknya homogeny atau terdiferensiasi (homogeny or differentiated product)
• Pengambilan keputusan yang saling memengaruhi (interdependence decisions)
• Kompetsi nonharga (non pricing competition)
Kelebihan pasar ini, yaitu :
• Efisiensi
• Karena yang terlibat dalam pasar hanya sedikit perusahaan, maka jika mereka bersaing akan menguntungkan konsumen dari segi harga dan mutu produk. Karena jika salah satu menaikkan harga, pelanggan langsung berpindah ke perusahaan pesaing
Keburukan pasar ini, yaitu :
• Dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar karena sangat sulit untuk masuk atau bergabung kedalam pasar ini
• Dalam pasar mungkin saja terdapat beberapa perusahaan yag memegang hak paten atas sebuah produk sehingga tidak mungkin perusahaan lain memproduksi barang yang sama
• Beberapa perusahaan dalam pasar mungkin telah memiliki pelanggan yang setia sehingga perusahaan lain sulit untuk menyaingi perusahaan tersebut
• Adanya hambatan jangka panjang seperti hak waralaba
• Kemungkinan adanya kolusi antar perusahaan
Contoh perusahaan yang termasuk ke dalam pasar ini adalah PT. Semen Tiga Roda, PT. Holcim, PT. Kudjang

PASAR MONOPOLI,
… pasar ini memiliki 4 karakteristik, yaitu :
• Perusahaan memiliki kemampuan dan atau pengetahuan khusus (special knowledge) yang memungkinkan berproduksi sangat efisien
• Tingginya tingkat efisiensi memungkinkan perusahaan monopolis mempunyai kurva biaya (MC dan AC) yang menurun
• Perusahaan memiliki kemampuan control sumber factor produksi, baik berupa sumber daya alam, sumber daya manusia maupun lokasi produksi
• Adanya hambatan (barriers to entry) bagi perusahaan lain untuk memasuki industry yang bersangkutan
Kebaikan dari pasar ini, yaitu :
• Efisiensi produksi
• Mendorong terjadinya inovasi
• Mengurangi persaingan yang tidak bermanfaat
Keburukan dari pasar ini, yaitu :
• Penyalahgunaan kekuatan pasar
• Tingkat produksi yang lebih rendah
• Mengurangi kesejahteraan konsumen
• Ketidakadilan dalam harga
Contoh perusahaan yang termasuk dalam pasar ini adalah PT. KAI, PLN, dan PT. Kudjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar