Senin, 22 Maret 2010

Inflasi vs Pertumbuhan Ekonomi, BOE Diprediksi Pertahankan Suku Bunga

(Vibiznews – Economy) – Bank of England (BOE) diperkirakan akan mempertahankan tingkat suku bunga di Negara tersebut pada pengumumannya minggu ini. Bank sentral Inggris ini dijadwalkan akan mengumumkan keputusannya tentang besaran suku bunga Inggris pada tanggal 6 Maret mendatang. Saat ini para petinggi bank sentral Inggris masih menantikan data-data yang akan mendukung keputusan mereka. Tingat inflasi yang masih cukup tinggi di Inggris diperkirakan akan menahan keputusan menurunkan tingkat bunga di negara tersebut.

Analis memprediksi bahwa BOE pada akhirnya akan mengorbankan tingkat pertumbuhan ekonomi untuk mengatasi masalah inflasi yang saat ini masih kuat mencengkeram Inggris. Diperkirakan bahwa pemotongan suku bunga akan tetap terjadi secara gradual meskipun tidak dalam waktu dekat.

Gubernur BOE, Mervin King dispekulasikan secara kuat akan tetap mempertahankan tingkat suku bunga di Inggris pada level 5.25% pada tanggal 6 Maret mendatang. Bulan lalu Mervin King menyatakan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi Inggris berada pada titik terlambat sejak tahun 1993, sementara itu inflasi mendekati tingkat tertingginya dalam satu dekade. Para petinggi bank sentral Inggris telah melakukan pemotongan tingkat bunga di Inggris pada tanggal 7 Februari lalu sebesar 25 bps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar