Rabu, 24 Maret 2010

Ketua NATO: India, Pakistan Ingin Tingkatkan Hubungan

New Delhi (ANTARA/Xinhua-OANA) - Sekretaris Jenderal Persekutuan Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Anders Fogh Rasmussen, menyerukan kepada India dan Pakistan untuk mengesampingkan perbedaan-perbedaan mereka untuk menciptakan perdamaian di Afghanistan dan kawasan Asia Selatan itu, media massa setempat melaporkan, Selasa.

"Pakistan dan India hendaknya mengutamakan proses perdamaian di Afghanistan karena ketidakstabilan di Afghanistan dapat berpengaruh negatif terhadap seluruh kawasan di Asia selatan," kata Rasmussen kepada jaringan televisi India, NDTV.

"Memang agak krusial untuk meningkatkan hubungan antara Pakistan dan India, tapi saya menyarankan agar terus menghidupkan dialog untuk membangun saling percaya antara semua pihak," katanya.

New Delhi menangguhkan upaya dialog dengan Islamabad setelah serangan teror di Mumbai pada November 2008.

Serangan pada 2008 di Mumbai, ibukota finansial dan hiburan India, telah memperburuk hubungan antara India dan Pakistan, yang telah terlibat dalam tiga perang, dua di antaranya menyangkut masalah Kashmir, satu-satunya negara bagian yang berpenduduk mayoritas Muslim di India yang penduduknya beragama Hindu.

Pakistan telah menangkap sejumlah orang yang dituduh terlibat dalam serangan Mumbai itu, termasuk Zakiduddin Lakhvi, tersangka aktor intelektual aksi teror.

Kedua negara telah melakukan pertemuan tingkat menteri luar negeri bulan lalu untuk memulai kembali dialog antara kedua negara.

Pada pekan lalu, India menyatakan membuka baru perundingan dengan Pakistan, setelah dialog resmi bulan lalu antara kedua negara yang bersenjata nuklir itu tidak menghasilkan terobosan.

Peredaan ketegangan antara kedua negara bertetangga itu merupakan faktor penting bagi stabilitas di Afghanistan, tempatIndia dan Pakistan berusaha berebut pengaruh, yang memperumit upaya NATO untuk mengalahkan kelompok-kelompok pejuang Taliban.


di Post-kan Oleh :

Samuel David Lee

21209554

1 EB 02

Tidak ada komentar:

Posting Komentar