Minggu, 31 Oktober 2010

Analisis Pengaruh Bencana Alam terhadap Tingkat Inflasi


Secara umum, inflasi memiliki dampak positif dan dampak negatif, tergantung parah atau tidaknya pengaruh suatu bencana alam terhadap tingkat inflasi. Apabila inflasi itu ringan, justru mempunyai pengaruh yang positif dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu meningkatkan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi. Berikut hasil analisis pengaruh bencana alam terhadap tingkat inflasi yang juga mempengaruhi perekonomian suatu Negara, sebagai berikut :


  • Pendapatan

Pendapatan akan berkurang dikarenakan harus mengeluarkan uang yang banyak untuk biaya perbaikan sehingga uang beredar pun bertambah banyak dan terjadilah inflasi. Hal tersebut didukung juga dengan tingkat suku bunga yang akan turun serta keinginan untuk menabung akan berkurang selain dikarenakan tingkat suku bungan juga dikarenakan tidak tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung untuk melakukan menabung uang untuk meredam inflasi, karena kerusakan gedung, hilangnya database serta yang lainnya.


  • Efisiensi

Bencana alam dapat mengubah pola alokasi factor produksi. Perubahan harga barang konsumsi dan harga barang factor produksi akan mengubah pemakaian barang tersebut pada kegiatan produksi dan konsumsi yang lebih efisien.


  • Output

Bencana alam bisa dibarengi dengan kenaikan output, apabila kenaikan harga barang-barang mendahului kenaikan biaya produksi sehingga menyebabkan keuntungan produsen dalam jangka pendek, Namun lebih banyak bencana alam menurunkan Inflasi sehingga menurunkan output apabila laju inflasi cukup tinggi menyebabkan daya beli menurun dan mengurangi daya serap output produksi


  • Redistribusi Pendapatan

Apabila harga harga naik dikarenakan permintaan suatu barang yang dibutuhkan pada saat terjadi bencana, maka daya beli masyarakat akan menurun, namun ada sekelompok masyarakat yang mampu menaikkan daya belinya akibat kenaikan barang tersebut


  • Lapangan Pekerjaan

Rusaknya daerah tersebut mendorong para usahawan dan perusahaan untuk menghentikan produksinya sehingga masyarakat banyak yang kehilangan pekerjaan. Masyakarat tidak bekerja sehingga masyarakat tidak mendapatkan penghasilan dan daya beli nya rendah sehingga tercipta inflasi dan sangat mempengaruhi perekonomian global suatu Negara.


  • Bagi Perekonomian Indonesia

§ Investasi berkurang

§ Mendorong tingkat bunga

§ Menimbulkan kegagalan pelaksanaan pembangunan

§ Menimbulkan ketidakpastian keadaan ekonomi masa yang akan datang

§ Menyebabkan daya saing produk nasional berkurang

§ Menimbulkan defisit neraca pembayaran

§ Merosotnya tingkat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat

Sekian nich info nya, semoga dapat membantu dan always stay tuned at "a Little noTe From samZLee" see ya guys ^^

posted by @samzlee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar