Senin, 25 Oktober 2010

Explanation about "Circular Flow Diagram"

Berikut akan dijelaskan Circular Flow Diagram dari gambar yang tersedia diatas



Circular Flow Diagram dimulai dari pihak Rumah tangga. Pada pihak rumah tangga, disediakan faktor-faktor produksi salah satunya yaitu tenaga kerja yang kemudian disalurkan ke Pasar Tenaga kerja. Pasar tenaga kerja kemudian disalurkan ke Perusahaan dikarenakan perusahaan membutuhkan tenaga kerja untuk melakukan proses produksi sehingga terciptalah barang dan jasa. Sebagai imbalannya, tenaga kerja mendapatkan upah atau gaji dari pihak perusahaan dan juga pihak rumah tangga mendapatkan pemasukkan.

Kelebihan uang yang dibelanjakan oleh pihak rumah tangga kemudian dialirkan ke pihak Pasar uang dan Lembaga keuangan. Dana yang terhimpun pada pihak pasar uang dan lembaga keuangan kemudian di putar atau dialirkan kepada pihak perusahaan untuk mendukung proses produksi dan memberikan insentif juga. Sebagai balasannya, pihak perusahaan membayar biaya pinjaman atau insentif itu beserta bunganya kepada pihak pasar uang dan lembaga keuangan kemudian pihak pasar uang dan lembaga keuangan pun membayarkan deviden berupa bunga kepada pihak rumah tangga atas uang yang sudah di simpan pada pihak pasar uang dan lembaga keuangan.

Pihak perusahaan setelah melakukan proses produksi kemudian mendistribusikan barang atau jasa kepada pihak Pasar barang bila terjual maka akan menghasilkan income untuk pihak perusahaan. Pada pihak Pasar Barang, barang dan jasa yang masuk kemudian di jual kepada pihak Pemerintah seperti alat tulis kantor (ATK) atau keperluan lainnya dan kepada pihak Luat negeri seperti hasil rempah-rempah atau kerjinan dan lain-lain. Pihak pemerintah dan pihak luar negeri membayar atas barang dan jasa kepada pasar barang sehingga menjadi income bagi pihak perusahaan. Pada pihak pasar luar negeri kemudian melakukan perdagangan dengan negara-negara internasional sehingga menghasilkan income untuk pihak pasar luar negeri dan dapat membayar kepada pihak pasar barang.

Pihak pemerintah melakukan kegiatan ekonomi kepada pihak perusahaan berupa proyek-proyek atau pekerjaan yang dapat di kerjakan oleh pihak perusahaan, pihak perusahaan memberikan jasa dengan harga yang rendah untuk hasil yang memuaskan.

Sekian nich info nya, semoga dapat membantu dan always stay tuned at "a Little noTe From samZLee" see ya guys ^^

Posted by @samzlee ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar